5 Cara Melatih dan Meningkatkan Daya Ingat Serta Konsentrasi

Cara meningkatkan daya ingat, begitu kata sebagian orang. Manusia merupakan makhluk yang terkadang bisa saja lupa. Hal ini yang membuat banyak sekali orang terkadang saling marah karena kasus "lupa", ada yang tidak sengaja dan ada juga yang sengaja. Mungkin Anda yang sedang membuka halaman ini dan membaca artikel ini juga pernah merasakan marahnya seseorang karena kasus terlupa tersebut.

Sebenarnya banyak sekali kasus ini yang bisa dikaitkan di sini, tidak terlepas dari pekerjaan hingga keseharian seseorang dan terkadang juga tergantung dengan umur yang semakin menua dan fungsi tubuh juga yang semakin menurun. Tapi jangan kawatir dengan hal tersebut, mari kita baca selanjutnya supaya bisa mengetahui cara ini.
5 cara melatih ingatan

Jadi seiring waktu yang berjalan terkadang fungsi dari otak itu akan menurun akibat dari proses penuaan yang terjadi dan juga dari kesehatan yang semakin menurun, hal ini yang membuat kita harus meningkatkan kemampuan otak untuk daya ingat supaya nantinya akan optimal dan berjalan dengan lancar.

5 Hal berikut ini bisa membuat daya ingat menjadi terlatih dan juga konsentrasi yang akan semakin meninggi. Karena sejatinya semua orang takkan mau untuk mengulang kesalahan yang kedua, jika sekarang masih bisa dilakukan kenapa harus menunggu esok.

1. Pilihlah makanan yang bergizi untuk dikomsumsi.
Berbicara mengenai makanan memang nggak ada habisnya, karena banyak sekali makanan yang saat ini menjadi pemicu dari kesehatan kita. Salah satunya makanan instan yang bisa memicu otak menjadi turun untuk fungsionalitasnya sebagai pengingat. Jadi penting sekali untuk memperhatikan mana makanan yang bagus untuk dikomsumsi dan mana yang harus ditinggalkan.

Tidak susah untuk mencari makanan tersebut, tinggal search di google atau berkonsultasi dengan para dokter yang sudah ahli dibidangnya tentu saja akan semakin cepat mendapat jawaban dari kesehatan apalagi mengenai daya ingat.

2. Perbanyak aktivitas
Jaman semakin canggih dan banyak orang yang tidak mau lagi untuk beraktivitas, itu sebagian yang dilakukan orang-orang. Tapi masih banyak juga yang sadar akan hal tersebut. Jadi perbanyaklah beraktivtas untuk membuat daya ingat dan juga fungsi otak bekerja dengan maksimal. Bisa dibandingkan dengan orang yang hanya termenung saja di dalam kamar dengan orang yang beraktivtas di luar rumah, tapi tidak menutup kemungkinan hanya beraktivtias di luar rumah saja, di dalam rumah juga bisa,

Intinya aktivitas tersebut adalah yang berhubungan dengan peningkatan daya ingat serta konsentrasi otak. Silahkan lakukan sesuai dengan hobi teman teman sekalian karena akan lebih mudah nantinya. Jika yang dilakukan bukan berhubungan dengan hobi nantinya akan susah.
ingatan

3. Beristirahat yang cukup
Otak itu memang funginya untuk berfikir, namun jika terus dipakai tanpa henti 24 jam hanya untuk melakukan aktivitas seseorang maka tak jarang kita mendengar ada orang yang stress lalu masuk ke rumah sakit jiwa karena akibat sering sekali berfikir di luar batasnya. Pasti kata "Begadang", ngak asing lagi untuk teman sekalian. Begadang memang boleh boleh saja tapi jika terus menerus melakukan hal tersebut maka siap siap untuk rusak otak kita.

Tubuh juga perlu istirahat, jika tidak ada istirahat maka akan susah sekali ketika melakukan aktivitas lainnya, contohnya pekerjaan akan menjadi sangat berat karena mata mengantuk. Jadi jangan sampai terjadi hal seperti itu.

4. Latih otak untuk Maksimal
Untuk melatih dan meningkatkan daya ingat seseorang bisa dengan sering melatih akan membuat daya ingat semakin kuat. Jika tidak pernah dilatih maka siap siap akan kehilangan ingat. Pernah nggak mendengar penyakit alzheimer ? Penyakit yang sangat bahaya itu bisa menyerang seseorang, jadi ayo jaga otak kita untuk tetap sehat.

5. Buat catatan untuk kegiatan.
Terkadang lupa memang sering sekali terjadi, ketika kita lupa maka hal yang harus kamu sediakan bisa dengan membuat catatan kecil untuk kegiatan sehari hari dan ketika hal tersebut dilakukan maka akan merangsang otak untuk bekerja dan mengingat.

Sebenarnya kunci dari 5 cara melatih dan meningkatkan daya ingat serta konsentrasi ini adalah diri sendiri. Karena untuk memulainnya memang sangat berat sekali, namun ketika sudah merasakan hasilnya barulah akan menambah semangat yang semakin tinggi tersebut. Jadi untuk itu Anda bisa memilih maka cara yang menarik dan sesuai dengan pasion sendiri,


Comments