5 Tips Belajar Efektif Biar Semakin Semangat Belajar

Proses pembelajaran itu dimulai sejak kita lahir ke dunia hingga nanti ajal menjemput. Itu secara garis besarnya saja, ketika kita belajar mungkin ada hal hal yang membuat kita semangat dan ada juga yang membuat kita menjadi "Malas", karena rintangan tersebut tidak sesuai dengan diri kita atau apapun alasannya yang ke semuanya pasti mengarah kepada diri sendiri.

Berbagai jenis pengetahuan yang muncul di dunia membuat satu dengan lainnya terhubung, contohnya antara ipa dan ips jika salah satunya tidak ada maka hal ini akan mustahil membuatnya menjadi sebuah hal yang harus di teliti untuk keselamatan atau hal lainnya di masyarakat tentunya.
tips semangat belajar


Dan ternyata di samping hal hal yang kita lakukan ternyata belajar membutuhkan hal yang sangat penting sekali mulai dari lingkungan hingga lainnya yang bisa dibilang penting sekali adalah diri sendiri untuk memulainya, seperti yang dikatakan semuanya berawal dari niat. Terkadang memang seseorang bisa merasakan semangat tapi juga bisa menjadi tidak semangat sama sekali dan malahan bisa membuang waktu yang sudah disisihkan.

Oleh karena itu ini ada 5 Tips Belajar Efektif Biar Semakin semangat belajar, yuk dibaca di bawah ini teman teman sekalian.

1. Menentukan tujuan belajar
Penting nggak sih menentukan tujuan belajar tersebut ? tentu saja ini menjadi banyak kesalapahaman orang orang ketika di tanya. Mereka kebanyakan menjawab tidak penting sama sekali karena tidak ada hasil yang didapatkan. Contoh ketika hendak menjadikan belajar menjadi efektif ini  kita harus menentukan tujuan belajar.

Beberapa tujuan belajar seseorang :
> Ingin menjadi juara di kelas
> Ingin Menambah uang saku
> Ingin dikenal banyak orang
> Ingin banyak memiliki kawan
> Ingin mempelajari sesuatu
> Ingin melampiaskan hobi
> Ingin mendapatkan Ijazah
> Ingin lainnya.

kenapa harus menentukan tujuan belajar ? Banyak sebenarnya alasan tersebut. Oleh karena itu Tips Semangat belajar itu harus dikembangkan. Tujuannya supaya kita tidak kehilangan arah ketika berada di proses belajar tersebut. Kalau alasan kamu semua pasti berbeda beda.

2. Jangan tunggu esok jika ada hari ini.
Salah satu hal yang membuat seseorang itu malas adalah kebiasaan menunda, benar atau salah bisa di fikirkan sendiri. Contohnya ketika ada PR (Pekerjaan Rumah) yang mau dikerjakan tapi malah ditunda yang seharusnya selesai ketika pekerjaan itu pulang sekolah malah terbengkalai karena ingin bermain di luar rumah.

Ingat, jangan menunda hal yang seharusnya bisa kita kerjakan sekarang, karena bisa jadi hari esok tidak akan bisa dikerjakan lagi. Supaya nanti jika ada pelajaran yang diberikan tidak tertumpuk dan teman teman sekalian bisa lebih mudah untuk mengerjakannya. Kira kira seperti itu.

mari belajar

3. Ketika belajar gunakan pasion sendiri
Terkadang suka bingung dengan cara belajar oranglain, beberapa hal ini mungkin ada dari gambaran teman teman sekalian dalam belajar:

> Belajar menggunakan musik tapi masih tetap juara 1
> Belajar sambil bermain tapi tetap menjadi yang terbaik
> Menghafal sambil bermain tapi langsung dapat.

Mungkin banyak lagi dari kriteria tersebut. Tapi ternyata memang seperti itulah, seseorang tidak bisa memaksakan kehedak seseorang. Karena belajar itu dimulai dari kebiasaan kita sendiri dan sesuai dengan yang diinginkan. Biar cepat masuk gitu. Tapi jika kamu tidak bisa belajar kalau ada kebisingan atau alat alat yang menggangu maka silahkan ditinggalkan.

4. Ayo cari pemicu yang membuat kita semakin semangat belajar.
Pemicu itu sangat penting sekali, Ada orang yang semangat belajar dari pemicu membuatnya bisa mendapatkan apa saja yang dia mau dan hal ini juga di dorong akan percayanya seseorang dalam melakukan hal tersebut. Ayo dicari pemicu untuk semakin semangat belajarnya ya.

5. Kembangkan yang dipelajari untuk mendapatkan hal baru.
Kali ini di Tips belajar efektif akan membahas mengembangkan sesuatu tentang belajar. Ada sebagian orang yang berhasil mengembangkan pengetahuan yang di dapatnya dan hasilnya mendapatkan suatu penemuan baru yang belum pernah di publikasikan, itulah yang dilakukan oleh para penemu kita. Mulai dari lampu ditemukan yang awalnya nggak ada, hingga sesuatu yang mustahil seperti komputer yang selalu di pakai orang saat ini untuk meringankan pekerjaan di kantor ataupun di sekolah.

Jadi cobalah untuk mengembangkan sesuatu hal yang menjadi minat belajar kita, salah satu pengalaman Admin ketika belajar mengembangkan adalah ketika berada di perkuliahan yang mana saat itu hanya di ajari secara garis besar dan formal saja sehingga hal hal untuk ke luarnya tidak di ajarin jadi mahasiswa menjadi ribet dan harus mengembangkan sendiri.

Jadi itulah tips semangat belajar yang mudah mudahan bisa menambah pengetahuan teman teman sekalian dalam mencari jati diri untuk belajar. Kiranya masih ada kekurangan mohon di maafkan karena proses belajar itu terkadang ada yang salah dan ada yang benar, kalau sempurnya wah bisa dipertanyakan hal tersebut.

Comments